Misteri Lampu Danau

Diposting oleh Forum Poso Bersatu

Seperti halnya legenda Nessie, makhluk misterius di Danau Lochness, Skotlandia Utara, Danau Poso juga menyimpan misteri. Penduduk seputar danau percaya bahwa ada makhluk raksasa yang menghuni danau itu. Tidak sedikit penduduk yang mengaku pernah melihat makhluk itu meski wujudnya tidak jelas betul.


Penduduk sekitar menyebutnya Lampu Danau, kata Obet Kapita, penduduk Tentena. Berdasarkan tuturan penduduk setempat, Lampu Danau itu cukup terang cahayanya. Biasanya keluar pada malam hari, kira-kira pada pukul 20.00-04.00.

Menurut penduduk, apabila malam hari tiba, sering terlihat cahaya seperti lampu di tengah danau. Namun cahaya itu berpindah-pindah dengan cepat.

Saya pernah melihat lampu itu, tetapi bergerak-gerak terus, kadang ada, kadang hilang, dan tiba-tiba muncul lagi di tempat lain, kata Jamal, penduduk Siuri, persis di pesisir barat danau.

Penduduk setempat meyakini bentuk makhluk itu berupa naga raksasa mirip Nessie, monster penghuni danau yang diduga sejenis reptil purba plesiosaurus. Penduduk memperkirakan Lampu Danau itu adalah mata naga raksasa itu. Namun ada yang menduga, sebetulnya cahaya itu adalah lampu nelayan yang mencari ikan. Mungkinkah?

Kalau lampu nelayan, tidak mungkin karena cahayanya begitu terang dan cukup besar. Juga berpindah-pindahnya begitu cepat. Apalagi kalau malam hari tidak ada nelayan yang mencari ikan. Kalaupun mencari ikan, justru di kawasan pinggir danau, di bagian tengah malah tidak ada ikan, ujar Obet.

Meski begitu, kata mereka, sampai kini belum ada penduduk yang diganggu oleh makhluk itu. Warga pun tak punya niat untuk mengusik kemisteriusan penghuni danau itu.

Menurut mereka, membunyikan suara mesin kapal/perahu secara kera-keras menjadi salah satu cara untuk mengundang makhluk itu.

Sekalipun tidak melihat secara persis, penduduk sekitar tetap meyakini adanya makhluk itu. Apalagi, kata sejumlah warga, kedalaman danau memungkinkan untuk dihuni makhluk raksasa. Berdasarkan catatan, kedalaman danau yang menjadi sumber air termasuk ke Sungai Poso itu sekitar 500 meter.

Dulu pernah diteliti orang Australia. Mereka membawa alat pengukur sepanjang 400 meter, tetapi sampai alat ukur itu habis, dasar danau belum tersentuh, artinya lebih dari 400 meter, kata Jamal. (ssd)

SUMBER: kompas.com
Dikliping Oleh Divisi Humas Forum Poso Bersatu
Email: posobersatu@gmail.com
Blog, Video, Lagu, dan Foto: http://posobersatu.multiply.com/

0 komentar: